Home » KELOMPOK KEAHLIAN » Medikal Bedah » Terapi Modalitas » Penjelasan Tentang Terapi Modalitas/ Treatment Modalities

Penjelasan Tentang Terapi Modalitas/ Treatment Modalities

kredit gambar: truthpharm.org

Terapi Modalitas biasanya digunakan oleh fisioterapis untuk membantu pasien untuk mencapai tujuan terapi. Alat elektrofisika biasanya digunakan untuk menciptakan efek fisiologis. Modalitas elektroterapi ini telah menjadi bagian dari modalitas yang digunakan fisioterapi selama beberapa dekade. Pilihan modalitas mana yang akan digunakan tergantung pada kondisi spesifik, kebutuhan dan tujuan pasien.

informasi lebih rinci tentang modalitas terapi ini adalah sebagai berikut:

  • Stimulasi saraf listrik transkutan
  • Arus interferensial
  • Termoterapi
  • Krioterapi
  • USG

 

Stimulasi Listrik

electrical stimulation (therapypthealth.ca)

Arus stimulasi listrik seperti stimulasi saraf listrik transkutan (TENS) dan arus interferensi (IFC) memanfaatkan energi listrik, aliran elektron atau partikel bermuatan lainnya dari satu area ke area lain, menyebabkan depolarisasi otot atau jaringan saraf. 

Energi termal 

Termoterapi dan krioterapi , penerapan panas dan dingin terapeutik, disebut sebagai modalitas konduktif – mereka memanfaatkan konduksi energi panas untuk menghasilkan pemanasan atau pendinginan jaringan superfisial lokal dan kadang-kadang umum dengan kedalaman penetrasi maksimum 1 cm atau kurang. [3]

Termoterapi

The heat therapy (online-sciences)

Termoterapi termasuk pusaran air hangat, paket hidrokolator hangat, mandi parafin, dan fluidoterapi. Efek fisiologis utama dari panas meliputi:

  • Vasodilatasi dan peningkatan aliran darah
  • Tingkat metabolisme meningkat
  • Relaksasi spasme otot
  • Pereda nyeri melalui mekanisme kontrol gerbang dan pengurangan iskemia
  • Peningkatan elastisitas jaringan ikat

Krioterapi

Cryotherapy (medicalnewstoday)

Cryotherapy termasuk pijat es, paket hidrokolator dingin, pusaran air dingin, semprotan dingin, perendaman es, kompresi dingin, dan kriokinetik. Efek fisiologis utama dari dingin meliputi:

  • Vasokonstriksi dan penurunan aliran darah (dalam 15-20 menit pertama)
  • Penurunan laju metabolisme
  • Pereda nyeri dengan penurunan spasme otot melalui mekanisme kontrol dan penurunan kecepatan konduksi saraf

Pembatasan aliran darah lokal mengurangi potensi terjadinya edema. Metabolisme yang lebih lambat melepaskan lebih sedikit mediator inflamasi, mengurangi pembentukan edema dan menurunkan kebutuhan oksigen jaringan untuk meminimalkan kemungkinan cedera lebih lanjut dari iskemia. Dingin menurunkan aktivitas saraf lokal, meningkatkan ambang stimulus spindel otot dan menekan rangsangan ujung saraf bebas, menghasilkan peningkatan ambang nyeri dan mengurangi kejang otot

 

USG/Ultrasound 

Ultrasound Therapy Treatment (joharidigital)

Ultrasound menggunakan energi suara, gelombang tekanan yang diciptakan oleh getaran mekanis partikel melalui media. Aliran ultrasound dapat ditransmisikan sebagai aliran tanpa gangguan (mode kontinu) atau  ditransmisikan dengan interupsi periodik (mode berdenyut). Ultrasound diklasifikasikan sebagai modalitas pemanasan dalam yang mampu menghasilkan peningkatan suhu pada jaringan dengan kedalaman yang cukup besar karena ia berjalan sangat baik melalui jaringan homogen (misalnya jaringan lemak). Secara tradisional telah digunakan untuk efek termal tetapi mampu meningkatkan penyembuhan pada tingkat sel.  Ultrasound juga membantu dalam menghilangkan rasa sakit dan literatur telah mengusulkan pengurangan konduksi transmisi nyeri sebagai mekanisme yang mungkin untuk efek analgesik. Baru-baru ini, ultrasound berdenyut intensitas rendah telah terbukti mempercepat laju penyembuhan patah tulang baru karena peningkatan aktivitas angiogenik, kondrogenik, dan osteogenik. 

 

LASER

Laser Therapy (topwebsearch.net)

Light Amplification for the Stimulated Emission of Radiation (LASER) memanfaatkan energi radiasi elektromagnetik, pergerakan foton melalui ruang. Laser berdaya rendah atau dingin menghasilkan sedikit atau tidak ada efek termal tetapi tampaknya memiliki beberapa efek signifikan pada jaringan lunak dan penyembuhan patah tulang serta pada manajemen nyeri. Cahaya pada panjang gelombang yang biasanya digunakan dalam terapi laser mudah diserap oleh enzim, hemoglobin, fibroblas, dan jaringan neurologis. Laser telah terbukti merangsang degranulasi sel yang menyebabkan pelepasan mediator inflamasi kuat seperti faktor pertumbuhan,  mengaktifkan proses fagositosis di lokasi cedera, dan mengaktifkan fungsi sel fibroblas untuk meningkatkan deposisi kolagen dan meningkatkan kekuatan tarik. Beberapa laporan juga menunjukkan sedikit penurunan edema yang disebabkan oleh peradangan setelah terapi laser. Penyerapan oleh hemoglobin melepaskan oksida nitrat yang mengakibatkan proliferasi sel endotel dan peningkatan mikrosirkulasi.  Dosis rendah juga menghasilkan efek kecepatan konduksi saraf sensorik yang berkurang secara signifikan dalammengurangi rasa sakit

Disclaimer: Untuk tujuan sarana edukasi dan penyebaran informasi. Artikel diolah dari berbagai sumber:
truthpharm.org/addiction-treatment/treatment-modalities/

courses.lumenlearning.com/wmopen-psychology/chapter/introduction-to-treatment-modalities/

physio-pedia.com/Therapeutic_Modalities

osc-ortho.com/blog/what-are-modalities-and-how-are-they-used-in-physical-therapy/

psychiatry.org/psychiatrists/practice/telepsychiatry/toolkit/clinical-and-therapeutic-treatment-modalities

Archives