Home » SERBA-SERBI » SERBA SERBI UMUM » DOKUMEN SURAT MENYURAT » Cara mengurus STNK balik nama dari Kota YOGYA ke SLEMAN PART 1

Cara mengurus STNK balik nama dari Kota YOGYA ke SLEMAN PART 1

kali ini saya akan bahas gimana caranya balik nama dan membuat STNK baru di Yogyakarta, oke jadi ceritanya STNK mobil awalnya atas nama suami mau dipindahkan ke saya (baik banget ini suami padahal nyetir lancar aja nggak,palingan cuma pinjam nama saya doank wkkwkwk),

selain itu alasan paling urgent sih ya krn mw ganti stnk juga kan udah 5 tahun.. kebetulan sekalian pindah dari kota Yogya ke Sleman. Kita gak ngurus ke Calo karena kalau kita bisa urus sendiri kenapa tidak dan kami percaya pengurusan dokumen di DIY gak ada kata dipersulit asal syarat nya lengkap (hihiii PD banget emang kita, yuk mari kita buktikan).
Syarat yang dibawa:
1. KTP saya asli (KTP yang salah TTL dan nama tengah hahaa, maklum ga sadar beneran kalau salah)
2. BPKB mobil asli
3. STNK mobil asli
4. kuitansi pembelian mobil/ fraktur pembelian (buat jaga jaga)

pertama tanggal 5 Januari 2017 kita otw ke samsat Yogyakarta (eh ternyata ditolak kalau mau balik nama plus mutasi hari dari SLEMAN dulu cek fisik mobilnya alasannya karena nanti berkasnya yang menerima kan Sleman). Baik lah kami otw Sleman dijalan ini kita lalui sambil nyanyi nyanyi gak jelas karena udah kepanasan banget plus tadi energinya habis sama antri ternyata salah. Akhirnya sampai lah di Samsat Sleman ya ampun salah lagi kata kalau BALIK NAMA maka yang dituju pertama kali adalah ke POLRES, bukan ke SAMSAT, oke deh putar balik lagi ke POLRES SLEMAN (Untung jaraknya deketan). Pas tiba jam menunjukan pukul 10.30 Wib dan lagi lagi kami zonk…. karena proses cek fisik udah tutup guys… (bukanya jam 8 sampai jam 10.00 WIB) ih wow bgt sih… ya sudah kita pulang lanjut besok lagi.
.

Hari esoknya kita ga mau terlambat datang ke POLRES jam 7.30 an dan wow juga antrian no 30 hahhaaa (orang orang ga tahu ya datang jam berapa) trus antri di loket cek fisik. Sekitar jam 11.00 baru lah mobilnya di cek fisik (GRATIS YA) setelah itu balik lagi ke loket tadi trus dikasih bukti cek fisik dan berkas berupa (ktp, BPKB dan STNK) diserahkan nanti ke SAMSAT kota karena kita mengejar waktu, kami langsung otw SAMSAT kota yogya dan lagi lagi sudah tutup…..
yupzz hari ini tanggal 2 Februari saya otw samsat kota Yogya untuk urus balik nama STNK pas nyampe langsung ke bagian

1. pengurusan cek fisik kendaraan trus berkas Ktp,STNK, BPKB, Fraktur pembelian kendaraan dan Bukti cek fisik kendaraan ( dari POLRES Sleman) harus di foto copy 3 rangkap.

2. lanjut ke bagian Loket untuk diperiksa kelengkapan berkas lagi (disuruh copy 2x lagi, total fotocopy 5x)

3. Disuruh ke bagian BPKB masuk ke loket mutasi BPKB (isi berkas dan disuruh bayar untuk mutasi roda 4 seharga 250.000)

4. lanjut ke bagian MUTASI dikantor paling depan hanya di cek berkas dan menunggu dipanggil, trus isi di buku mutasi) nah dari sini dikash tahu untuk pengambilan berkas nya tanggal 23 februari 2017 yang harus diserahkan ke Sleman (karena BPKB nya akan diterbitkan di Sleman sekaligus ganti plat kan)

berkas yang dibawa

tanda terima mutasi Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook

Archives