Home » SERBA-SERBI » SERBA SERBI KESEHATAN » Luangkan waktu untuk Olahraga 15 Menit setiap hari, Rasakan Manfaat Menakjubkan Ini

Luangkan waktu untuk Olahraga 15 Menit setiap hari, Rasakan Manfaat Menakjubkan Ini

 


Jalan kaki atau jogging adalah aktivitas fisik paling mudah dan murah yang bisa dilakukan kita untuk tetap sehat. Banyak studi menemukan bahwa berjalan kaki 15 menit sehari bisa mengubah dan meningkatkan positivitas kesehatan Anda.


Bagi sebagian orang, olahraga di pagi hari mungkin bukanlah pilihan utama, tapi tahukah Anda bahwa waktu terbaik untuk olahraga memang di pagi hari, karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena karena manfaat maksimal yang didapatkan.


Samantha Clayton, Director of Worldwide Fitness Education Herbalife Nutrition mengatakan, rutin olahraga pagi akan mempengaruhi kinerja tubuh dan sikap dan prilaku sehari-hari.

Bangun pagi saja sudah membutuhkan usaha dan disiplin untuk melakukan kebiasaan ini adalah kunci untuk menjadi orang sukses.

Pagi hari adalah waktu di mana tubuh kita bekerja atau berfungsi secara optimal setelah beristirahat di malam hari. Kinerja tubuh kita akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Sangat banyak alasan untuk tidak melakukan olahraga. Namun dengan membiasakan diri melakukan olahraga pagi, maka lambat laun, tubuh akan terbiasa aktif yang diikuti dengan meningkatkan kinerja tubuh yang optimal.


“Olahraga sedikit saja akan lebih baik dibanding tidak melakukannya sama sekali. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk melakukan olahraga beberapa waktu setiap hari. Berusaha untuk konsisten melakukannya dan jangan biarkan tekad anda kalah oleh berbagai alasan,” 

 

Berikut lima manfaat kesehatan olahraga di pagi hari.

 

1. Fokus


Olahraga pagi akan membantu Anda untuk fokus pada apa yang akan dicapai hari ini. Anda akan mendapatkan pikiran yang jernih dari jogging yang pada gilirannya membuat Anda menemukan ketenangan dan kedamaian untuk merencanakan hari. Cobalah luangkan waktu Anda untuk olahraga di pagi hari.

2. Munculkan ide kreatif


Menurut studi di Stanford, semangat kreativitas lebih muncul ketika seseorang berjalan kaki daripada hanya duduk. Jadi, lain kali Anda butuh ide kreatif, carilah sambil aktif berjalan daripada hanya melamun sambil duduk.

3. Cegah risiko masalah mental akibat penuaan

Manfaat Luangkan Waktu Berjalan Kaki Setiap Hari Bagi Mental
Studi di Frontiers of Aging Neuroscience mengklaim bahwa ketika Anda berjalan kaki, koordinasi dan konektivitas antara beragam bagian di otak menjadi lebih baik. Hal ini akan mencegah Anda dari masalah mental terkait penuaan.

4. Meningkatkan rasa percaya diri


Rencanakan dan tentukan target harian olahraga Anda. Keberhasilan dalam memenuhi target olahraga akan membantu Anda untuk membangun kepercayaan diri.


5. Pikirkan Manfaat Untuk Tubuh


Olahraga pagi dapat membantu Anda untuk membakar lemak lebih banyak. Memulai hari dengan olahraga juga membantu meningkatkan metobolisme dan mendorong tubuh untuk menggunakan energi guna meregenerasi sel-sel tubuh.

Selain itu, olahraga ringan juga membantu meningkatkan resting metabolic rate (RMR) atau tingkat pembakaran kalori selama istirahat dan melakukan aktifitas ringan. Hal tersebut membuat tubuh anda lebih efisien dalam membakar kalori.

 

 

Disclaimer:
Untuk tujuan sarana edukasi dan penyebaran informasi.
artikel bersumber dari:

https://health.detik.com/health-news/d-3638880/manfaat-luangkan-waktu-berjalan-kaki-setiap-hari-bagi-mental

https://www.suara.com/health/2018/06/28/201422/rutin-olahraga-pagi-rasakan-lima-manfaat-menakjubkan-ini?page=all

Archives